loading...
loading...

MENERAPKAN SISTEM BENTUK DALAM KEHIDUPAN

Ada banyak hal-hal dimana kalau kita pikirkan dapat menjadi pembelajaran buat kita. Bagi orang-orang yang peka, dengan melihat suatu benda atau apapun itu dia akan bisa mendapatkan pelajaran darinya. Dalam hal ini saya contohkan misalnya bentuk-bentuk. Silahkan dilanjutkan membaca untuk tahu kelanjutannya.

MENERAPKAN SISTEM BENTUK DALAM KEHIDUPAN
MENERAPKAN SISTEM BENTUK DALAM KEHIDUPAN


            Kotak atau persegi empat, bentuk ini mempunyai sisi kanan-kiri, atas bawah berukuran sama, di novel pertama saya yang berjudul “KUNANG-KUNANG PETUALANG” saya pernah menulis tentang latihan bela diri kami dimana logonya itu berbentuk kotak. Yang artinya, bahwa bagi siapa yang menerapkan kotak dalam hidupnya ia tidak akan mudah terpengaruh atas lingkungannya yang negatif.

            Lihatlah bentuk kotak, jika didorong atau digelindingkan seperti apapun, dibolak-balikpun, ia akan tetap begitu, tidak akan mudah orang lain mendorongnya. Dalam hal ini, kita perlu sekali menerapkan bentuk kotak sebagai prinsip hidup. Jika ada orang yang mempengaruhi kita ke jalan yang salah, merokok misalnya, kita tidak akan terpengaruh. Kotak melambangkan sebagai arti teguh pendirian.

            Lingkaran. Meskipun persegi empat itu baik, bukan berarti lawan dari kota yang berbentuk bulat ini maknanya jelek, saya pernah membaca salah satu perguruan silat yang menerapkan bentuk lingkaran sebagai logonya. Karena setiap dari logo sudah pasti mengandung maknanya sendiri-sendiri. Dalam hal ini saya artikan bahwa bentuk lingkaran melambangkan sebagai tekad dan sumber kemajuan.

            Lihatlah bentuk lingkaran, bola misalnya, cobalah digelindingkan di kerikil atau jalan-jalan yang rusak, ia akan terus melewati rintangan-rintangan tersebut. Lingkaran juga diterapkan dalam kendaraan, tepatnya pada roda, itulah mengapa saya katakan kalau lingkaran adalah sumber kemajuan, karena lingkaran bersifat mudah berjalan, dalam lingkaran ini saya contohkan jika kita manusia yaitu mudah disuruh agar orang lain senang kepada kita. Dalam hal lingkaran ini jika kita menerapkannya, semoga hiduip kita semakin maju dengan mengambil prinsip tekat yang bulat, terus berjalan tanpa menyerah.

            Segitiga. Bentuk ini mempunyai sudut runcing di setiap 3 sisinya, saya mengartikan bahwa segitiga ini sebagai simbol kepercayaan, keyakinan.

            Oke, coba lagi lihat segitiga, apabila didirikan ada satu sisi yang selalu menuju ke atas, cobalah gelindingkan dan dibolak-balik, selalu saja ada satu sisi yang menuju ke atas. Hal itu dapat kita jadikan pelajaran, apapun itu mesti kita kembalikan pada yang di atas, pada Tuhan. Semisalnya jika kita diputusi pacar atau kehilangan uang, lebih baik kita menerapkan sistem segitiga, berdiri dan kembali ke atas, bahwa semua sudah direncanakan oleh-Nya.

            Yang paling mencolok dalam sifat adalah 3 bentuk di atas, mungkin ada diantara pembaca yang punya pemikiran bentuk-bentuk lainnya, dimana dapat dijadikan pelajaran buat hidup.

            Hal  yang pasti setiap apapun ciptaan Tuhan, selalu saja kita dapat mengambil pelajaran atau mengambil hikmah di dalamnya.

Kata-Kata Mutiara :


“Bila kita berpikir, apapun itu dapat dijadikan pelajaran, termasuk dalam bentuk sekalipun


Baca Juga :
Jika ingin iri, maka irilah pada orang yang tidak pernah mengeluh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENERAPKAN SISTEM BENTUK DALAM KEHIDUPAN"

Post a Comment

Tolong berkomentar sesuai kata-kata mutiara di atas, jangan melakukan spam. Terima kasih..