loading...
loading...

Bumi

BUMI
           
Bumi


            Bumi menjadi tempat seluruh manusia hidup, bumi pula yang telah meminjamkan bagian tubuhnya yaitu tanah untuk dijadikan sebagai manusia. Sebelum membahas lebih dalam lagi tentang manusia yang diciptakan dari tanah, lebih baik kita ketahui sifat-sifat bumi terlebih dahulu.

            Sifat bumi yang paling mencolok adalah sabar, kita lihat bumi, diinjak, diludahi, dan disakiti dengan segala macam, namun ia tetap sabar. Boleh jadi ada yang berpikir namanya juga benda mati, perlu kita ketahui bahwa seluruh alam semesta sebenarnya hidup dan punya perasaan. Tuhan menciptakan kita dari tanah mungkin saja agar kita bisa bersabar layaknya Tanah.

            Bicara tentang bumi selalu saja menarik, bagian-bagian dari bumi sebenarnya juga tertata pada tubuh-tubuh kita, lihat saja, di bumi ada banyak pohon-pohon, sedangkan di tubuh kita ditumbuhi rambut-rambut dan bulu-bulu, di bumi ada hewan-hewan, sedangkan di tubuh kita ada yang namanya kutu, kuman, bakteri dan virus. Dari bumi kita juga bisa menikmati siang dan malam, di tubuh kita ada mata dengan warna hitam-putihnya, bumi mempunyai gunung-gunung dan kawah-kawah, di tubuh kita mempunyai hidung. Fakta seru lainnya tentang bumi adalah di bumi selalu segar apabila sudah disiram oleh air hujan, kita juga punya yaitu air mata, air sifatnya menenangkan, itulah mengapa ketika kita selesai menangis ataupun  mandi, kita selalu tenang, layaknya tanah gersang kembali segar ketika disiram air hujan.

            Tidakkah kita penasaran mengapa Tuhan lebih memilih elemen tanah sebagai penciptaan khalifah di muka bumi ini, dibandingkan dengan elemen-elemen lainnya? Bicara tentang elemen, sesungguhnya manusia tidak hanya diciptakan dari elemen tanah, melainkan juga elemen-elemen lainnya yang disatukan, yaitu api (nafsu), angin (kekuatan), air (ketenangan). Tapi saya tidak akan membahas tentang elemen-elemen tersebut, melainkan hanya bumi yang sudah menjadi bahan dasar kita.
            Bumi juga bersifat sederhana, diharapkan agar manusia tidak menjadi sombong dan congkak, selalu sederhana dalam hidupnya. Ada sebuah quote yang bagus sekali, saya tidak tahu siapa penciptanya, isinya “Kita hidup di bumi, makan dari hasil bumi, dan diciptakan dari bumi, jadi jangan bersikap setinggi langit”.

            Pernah mendengar sebuah lagu yang berbait “orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” entahlah, saya kurang tahu persis bagaimana isi lagunya, yang pasti sifat tanah yang lainnya adalah menumbuhkan, itu juga yang sering kita sebut sebagai hukum karma, apapun yang kita tanam, maka akan tumbuh. Hari ini kita menyakiti orang lain, maka suatu saat nanti kita akan disakiti orang lain juga.

            Teman saya pernah mengatakan, ketika kita disakiti orang lain, dan kita sabar, maka kita telah menjadi bumi, dan orang yang telah menyakiti kita tersebut telah menjadi biji, suatu saat hal serupa akan tumbuh pada orang tersebut. Tenang saja meskipun kita disakiti, karena Tuhan telah menjamin kita, dimana orang yang teraniaya maka do’anya akan dikabulkan. Bukankah hidup itu adil?

Kata-Kata Mutiara :


“Contohlah sifat bumi, maka kebaikan akan tumbuh dalam diri kita”

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bumi"

Post a Comment

Tolong berkomentar sesuai kata-kata mutiara di atas, jangan melakukan spam. Terima kasih..