loading...

RENUNGAN : MARI MENGHIBUR DIRI DENGAN SURAH ASY-SYARH (94) DAN SURAH DUHA



MARI MENGHIBUR DIRI DENGAN SURAH ASY-SYARH (94) DAN SURAH DUHA - Selamat siang sahabat Blog Kata-kata Mutiara Lintang empat Lawang.. Apa kabar nih? Semoga sehat yah. Kali ini saya memposting sesuatu yang berbeda, namun diakhir tulisan ini ada juga kata-kata Mutiaranya. Mari dibaca.

Jangan lupa baca juga :
dan

MARI MENGHIBUR DIRI DENGAN SURAH ASY-SYARH (94) DAN SURAH DUHA
MARI MENGHIBUR DIRI DENGAN SURAH ASY-SYARH (94) DAN SURAH DUHA


MARI MENGHIBUR DIRI DENGAN SURAH ASY-SYARH (94) DAN SURAH DUHA

            “Demi waktu Duha (Ketika matahari naik sepenggalan) dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak pula membencimu, dan sungguh yang kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas. Bukanlah dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu dia melindungi (mu.). Qur’an Surah Duha.
           
            Ketika turunnya wahyu kepada nabi Muhammad Saw terhenti untuk sementara waktu, orang-orang musyrik berkata “Tuhannya (Muhammad) telah meninggalkannya dan benci kepadanya”. Maka turunlah ayat ini untuk membantah perkataan orang-orang musyrik.
           
            “Bukankah kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)? Dan kami pun telah menurunkan bebanmu darimu yang memberatkan punggungmu” Q.S Asy-Syarh (94)

            Menurut sebagian mufasir, surah asy-syarh (94) turun untuk menghibur nabi Muhammad Saw, yang pada saat itu ditinggal mati oleh istri dan pamannya. Dengan meninggalkan dua orang terdekatnya tersebut Rasulullah sangat berduka, Allah mengobati kesedihan beliau dengan menurunkan surah as-Syarh (94) ini.

            Baik surah Duha atau surah asy-Syarh keduanya bertujuan untuk menghibur, bukan hanya untuk Rasulullah saja, tapi untuk kita semua. Allah telah mengatakan bahwa Dia tidak akan meninggalkan hamba-Nya jadi kita tidak usah takut. Surah Duha berbunyi : Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepada, bukan hanya bagi Rasulullah saja, tapi bagi kita semua. Di surah itu Allah ingin mengatakan bahwa “Sabarlah... Setiap kesulitan, cobaan atau masalah pasti akan memberikan manfaat dan hidayahnya untuk kita”. Di kelanjutan surah Asy-Syarh juga mengatakan bahwa setelah kesulitan selalu diikuti kemudahan. Ayat-ayat itu merupakan hiburan. Tidak ada yang selalu menyulitkan, pun sebaliknya, tidak ada yang selalu menyenangkan.

            Sekarang silahkan anda ingat-ingat lagi, sudah berapa kali anda menghadapi suatu kesulitan dan masalah? Pasti sudah berkali-kali. Seiring waktu permasalahan-permasalahan itu hilang dan kita kembali berbahagia. Memang sudah hukum alam, bahwa hidup ada dua sisi, baik-buruk siang-malam. Dan mari kita ingatkan pada diri kita lagi, bahwa Allah Tuhan kita tak akan pernah menyiksa dan meninggalkan kita.

“Jangan takut, Allah selalu bersama kita. Allah akan memberikan hadiah dibalik semua masalah. Allah Tuhan kita, Dia yang lebih tahu yang terbaik untuk kita”

Demikianlah tulisan singkat hari ini, semoga dapat menghibur pembaca setia blog kata-kata Mutiara lintang empat lawang yah.. Nantikan selalu update kata-kata Mutiara terbaru dari blog ini :)

Oh yah jangan lupa baca juga :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RENUNGAN : MARI MENGHIBUR DIRI DENGAN SURAH ASY-SYARH (94) DAN SURAH DUHA"

Post a Comment

Tolong berkomentar sesuai kata-kata mutiara di atas, jangan melakukan spam. Terima kasih..