loading...

Inspirasi hebat dari Dokter Lie Dharmawan

Hai sahabat Kata-kata mutiara lintang empat lawang, barusan admin posting tentang Inspirasi hebat dari Abraham Samad, kali ini admin posting tentang Inspirasi hebat dari Dokter Lie Dharmawan.
Mau tahu ? yuk langsung disimak :

Inspirasi hebat dari Dokter Lie Dharmawan


Dokter Lie Dharmawan

Bernama lengkap Dr. Lie Augustinus Dharmawan, Ph.D, Sp.B, Sp.BTKV dengan nama kecil yakni Lie Tek Bie. Beliau lahir di Kota Padang pada tanggal 16 april 1946. Dr. Lie Dharmawan ini terlahir dalam keluarga yang amat miskin dan serba kekurangan.

Lie Dharmawan mempunyai saudara berjumlah enam orang, ketika ia berumur sepuluh tahun, ayahnya meninggal dunia jadi hanya ibunyalah seorang diri yang hanya tamatan Sekolah Dasar berjuang keras menyekolahkan ketujuh anaknya yang masih sangat kecil termasuk dr. Lie Dharmawan sendiri.

Demi kelangsungan hidup keluarganya, Lie Dharmawan kecil sempat membantu ibunya berjualan kue, ia kagum terhadap perjuangan keras ibunya yang ia anggap tak pernah menyerah dan putus asa dalam menghadapi sesuatu juga sering mengasihi oranm-orang miskin di sekitarnya.

Tekad Lie Dharmawan untuk menjadi dokter datang ketika ia melihat masyarakat disekitarnya sulit untuk pergi ke dokter di rumah sakit yang disebabkan karena faktor kemiskinan. Sebab lain mengapa Lie Dharmawan ingin menjadi dokter karena ia melihat sendiri adiknya meninggal karena penyakit diare aku dan telambat ditangani oleh dokter. kedua hal itulah yang membuat lie darmawan bertekad kuat untuk menjadi dokter.

Di tahun 1965, Lie Dharmawan kemudian lulus SMA dengan prestasi yang cemerlang, berkali-kali ia mendaftar di fakultas kedokteran yang ada dipulau Jawa namun ia tidak pernah diterima. Kesempatan kuliah akhirnya ada ketika ia diterima masuk di fakultas Kodekteran di Universitas Res Publica (URECA).

Akhirnya ia tidak dapat melanjutkan kuliuahnya, dan Lie Dharmawan kemudian memutuskan untuk menjadi pekerja serabutan untuk mengupulkan uangnya membeli tiket ke Jerman untuk melanjutkan cita-citanya. Di usianya yang ke 21 tahun, Lie Dharmawan pun mendaftarkan diri ke sekolah kedokteran di Berlin, dengan tekad yang kuat ia akhirnya diteriman di fakultas Kedokteran Free University, Berlin Barat.

Dan untuk memenuhi biaya kuliah dan kehidupan sehari-harinya, Lie Dharmawan kemudian bekerja sebagai kuli bongkar muat barang. pada kesempatan lain, Lie juga bekerja di sebuah panti jompo yang salah satu tugasnya adalah membersihkan kotoran orang tua berusia 80 tahunan. Tahun 1974, Lie berhasil menyelesaikan pendidikannya dan mendapat gelar M.D. (Medical Doctor).

Kegiatan sosial pertama Lie sebagai seorang dokter bedah di Indonesia dilakukan saat mengoperasi secara cuma-cuma seorang pembantu rumah tangga tahun 1988. Selanjutnya, Lie juga terus mengupayakan bedah jantung terbuka (bedah di mana jantung dihentikan dari pekerjaannya untuk dibuka untuk diperbaiki). Bedah semacam ini melawan arus karena butuh peralatan yang lebih canggih dan mahal, namun harus dilakukan dalam operasi skala besar. Tahun 1992, Lie akhirnya sukses melangsungkan bedah jantung terbuka untuk pertama kalinya di rumah sakit swasta di Jakarta.


Kata-kata mutiara yang bisa kita ambil dari artikel inspirasi hebat dari dokter lie dharmawan diatas adalah :
1.Kekurangan bukan halangan untuk menggapai mimpi, kecuali kekurangan keyakinan
2.Setiap niat baik akan dibantu oleh tuhan ( sama seperti artikel Inspirasi hebat dari Abraham Samad)
3.Tekad yang kuat akan mengalahkan rintangan yang ada
4.Tidak perlu malu atas apapun pekerjaan kita, daripada pekerjaan hebat yang masuknya harus disuap
5.Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudia ( kata bang haji rhoma irama )
6.Asal kita mau berusaha mencari jalan, tuhan akan tunjukkan jalan nya karena tuhan tak akan memberikan kita jalan yang buntu.

Itulah artikel inspirasi hebat dari dokter Lie Dharmawan, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Jangan lupa selalu kunjungi blog kata-kata mutiara lintang empat lawang ya :)
Setiap Niat yang baik akan selalu di bantu tuhan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inspirasi hebat dari Dokter Lie Dharmawan"

Post a Comment

Tolong berkomentar sesuai kata-kata mutiara di atas, jangan melakukan spam. Terima kasih..